No Widgets found in the Sidebar
7 Jenis Tipe Data JavaScript

Dalam pembuatan program, baik itu berbasis website maupun Android, kamu harus mengetahui tipe data JavaScript sebagai langkah menentukan variabel. Selain itu, pemilihan jenis data ini juga sangat berpengaruh terhadap hasil program yang akan kamu buat. Agar tidak bingung tentang klasifikasinya, yuk, simak dalam artikel ini!

7 Tipe Data di JavaScript Beserta Fungsinya

Langsung saja, ini dia 7 jenis variabel data pada bahasa program JavaScript yang wajib kamu ketahui:

1. Null

Null merupakan tipe variabel data yang tidak memiliki nilai apapun dalam sebuah program. Namun, null tidak seperti data string yang bersifat kosong secara mutlak. Null adalah sebuah objek yang sifatnya tidak memiliki nilai, namun tetap memiliki fungsi vital sebagai satuan objek atau variabel konstanta dalam sebuah program.

Dalam prosesnya, null ini akan mengisi data sebagai variabel yang sifatnya kosong. Akan tetapi, setelah data tersebut terproses oleh variabel lain, maka null akan berubah menjadi sebuah objek yang menampilkan nilai tertentu dalam sebuah program.

2. Undefined

Tipe data JavaScript yang kedua adalah undefined. Pada dasarnya, undefined ini hampir sama fungsinya seperti dengan jenis data Null. Karena keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama tidak mempunyai nilai tertentu. Namun, jika null merupakan objek, maka untuk undefined ini memiliki arti sebagai type of program.

Artinya, undefined ini akan memproses data yang dihasilkan oleh sebuah coding, lalu menampilkannya sebagai sebuah hasil. Namun, berbeda dengan null, undefined hanya menampilkan hasil tertentu yang harus melewati proses eliminasi data serta deklarasi atas data yang terinput dalam program tersebut.

Baca Juga: 6 Tipe Data Java yang Perlu Kamu Tahu untuk Membuat Aplikasi

3. String

String merupakan jenis data yang berfungsi untuk membaca karakter. Pada prosesnya, jenis data ini akan membaca serta menerjemahkan berbagai karakter yang terinput dalam proses coding program, agar menjadi informasi yang tampil dalam program tersebut.

4. Number

Tipe data JavaScript keempat adalah number atau angka. Number merupakan jenis data yang fungsinya adalah untuk membaca seluruh variabel yang berkaitan dengan angka. Selain itu, jenis data number ini juga memiliki fungsi sebagai variabel yang mampu menampilkan notasi nilai matematika dalam sebuah program.

Dalam jenis data number mencakup berbagai nilai khusus lainnya dalam satuan matematika, seperti variabel infinity (∞). Infinity adalah sebuah nilai yang memiliki sifat lebih besar daripada nilai lain, serta menampilkan nilai yang sifatnya tidak terbatas. Selain itu, masih banyak lagi nilai matematika dalam jenis data number ini.

Baca Juga:

5. Integer

Tipe variabel data integer ini hampir memiliki kesamaan dengan variabel data number. Namun, biasanya integer digunakan khusus hanya untuk membaca satuan angka dalam bilangan bulat.

6. Float

Hampir sama seperti numerik dan integer, float adalah JavaScript yang mendeklarasikan tipe variabel data dengan fungsi membaca sebuah angka atau bilangan. Namun, bedanya float berupa variabel khusus untuk membaca bilangan desimal dalam sebuah program.

7. Boolean

Boolean merupakan jenis JavaScript yang mendeklarasikan tipe variabel data dan hanya mampu membuat dua jenis nilai, yaitu true atau false. Jadi, Boolean adalah jenis variabel data yang fungsinya untuk mengambil keputusan bagi program untuk menentukan sebuah proses. 

Tindakan tersebut seperti saat melakukan penyimpanan data atau penginputan data. Nantinya, Boolean akan membuat sebuah tindakan yang akan diambil oleh program tersebut, seperti tindakan ya atau tidak, maupun benar atau salah terhadap aktivitas program.

Sudah Lebih Paham Tentang Tipe Data JavaScript?

Sekian pembahasan tentang 7 tipe data JavaScript untuk pembuatan website. Mulai dari null, undefined, string, number, integer, float, dan Boolean. Pada intinya, tiap tipe data mempunyai karakteristik, fungsi, dan porsi yang berbeda-beda untuk sebuah program.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *