No Widgets found in the Sidebar
4 Jenis Tipe Data MySQL

Pada dasarnya, tipe data MySQL memiliki variabel yang berbeda tiap jenisnya. Selain itu, tiap variabel ini mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan porsinya masing-masing. Penasaran tentang variabel data dalam MySQL? Yuk, kita bahas bersama dalam artikel ini!

Apa Itu Tipe Data MySQL?

Tipe atau variabel data dalam MySQL adalah sekumpulan data yang berisi informasi tertentu dalam sebuah database. Tiap data antar variabel dalam database tersebut mempunyai karakteristik sesuai dengan fungsinya pada sistematika struktur data.

Cara Kerja Variabel Data Dalam Sebuah Program

Secara garis besar, tiap variabel data dalam database MySQL mempunyai cara kerja yang sama, yaitu menampilkan data tertentu sesuai dengan perintah yang diberikan dalam data tersebut. 

Namun, tiap variabel ini mempunyai komponen dan aspek yang berbeda-beda, sehingga tiap variabel data juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Data ini nantinya akan menginput sebuah variabel dalam pusat database, lalu menyimpannya sebagai sebuah variabel khusus. Kemudian, tipe data MySQL ini akan menerjemahkannya dalam bentuk informasi tertentu yang akan tampil pada bagian inti program.

4 Tipe Data Pada MySQL dan Penjelasannya

Langsung saja, ini dia jenis data dalam MySQL lengkap dengan penjelasan tiap variabel fungsinya:

1. Numerik (Angka)

Jenis data yang pertama adalah numerik atau angka. Fungsi dari jenis variabel ini adalah untuk membaca, menyimpan, dan menampilkan seluruh variabel data yang memiliki kategori yang berhubungan dengan angka. 

Biasanya, penggunaan variabel ini adalah untuk menjelaskan informasi tertentu terkait pada variabel konstanta yang bersifat nilai atau angka. 

Baca Juga: Apa itu Primary Key? Pengertian dan Fungsinya Bagi Basis Data

2. Teks (String)

Tipe data MySQL jenis teks (string) adalah jenis data yang dapat kamu gunakan untuk menampung teks dalam bentuk tulisan dengan banyak karakter. Selain itu, variabel data ini juga memiliki kapasitas daya tampung variabel teks dengan jumlah maksimum data sebanyak 255 karakter. 

Kemudian, penggunaan variabel data teks ini fungsinya adalah untuk membuat, menyimpan, dan menampilkan data dalam bentuk tulisan atau teks. Baik itu dalam bentuk teks tetap atau char, maupun teks tidak tetap atau varchar.

3. Date (Waktu dan Tanggal)

Selanjutnya adalah jenis data dengan karakteristik waktu atau date. Fungsinya menampilkan variabel yang bersifat tanggal, bulan, tahun, atau waktu tertentu pada sebuah variabel dalam database MySQL. 

Biasanya, untuk variabel data waktu atau tanggal ini penggunaannya adalah untuk menampilkan waktu tertentu yang sifatnya menyampaikan informasi kejadian dari suatu aktivitas tertentu. Sebagai contoh, tanggal penjualan barang, tanggal masuknya barang, tanggal lahir seseorang, dan lain sebagainya

4. BLOB

Tipe data dalam database MySQL terakhir adalah data BLOB. Pada sistematika pembuatan sebuah program dengan berbagai jenis bahasa coding apapun, penggunaan data BLOB ini berfungsi sebagai pemutar media pada program tersebut.

Jadi, variabel data BLOB akan membaca media seperti musik, foto, atau video untuk kemudian dapat tampil dengan benar dalam sebuah program. Namun, terdapat satuan kapasitas penyimpanan data dari tiap variabel dalam BLOB sesuai dengan jenis media yang akan kamu unggah.

Sudah Lebih Paham Tentang Jenis Data Dalam MySql?

Sekian pembahasan kali ini tentang tipe data MySQL dan penjelasannya. Mulai dari tipe data numerik, teks, date, serta BLOM. Pada dasarnya, tiap jenis variabel data mempunyai karakteristik dan fungsi berbeda sesuai porsinya masing-masing. Jadi, pastikan kamu memilih jenis data MySQL yang tepat!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *