No Widgets found in the Sidebar
Begini 3 Cara Dropship Tokopedia yang Mudah Bagi Pemula

Berjualan online dengan sistem dropship memiliki banyak manfaat untuk penjual, salah satunya tidak memerlukan gudang yang besar. Kamu bisa menggunakan Tokopedia sebagai tempat berjualan dengan sistem ini. Namun, bagaimana caranya? Simak 3 cara dropship di Tokopedia pada ulasan berikut ini!

3 Cara Dropship di Tokopedia

Jika kamu akan memulai bisnis dropshipping di Tokopedia, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

1. Membuat Toko

Langkah pertama dalam cara dropship Tokopedia, yakni membuat toko terlebih dahulu. Kamu bisa membuat toko lewat aplikasi atau website resminya. Di sini, kamu akan menjadi penjual yang mewakili toko lain sebagai pemasok. Oleh karena itu, pastikan alamat toko kamu sama dengan alamat pemasok.

2. Proses Dropship

Setelah kamu membuat dan membuka toko, cara dropship Tokopedia berikutnya adalah memulai untuk berjualan sebagai dropshipper. Di bawah ini adalah tahapan dropship di Tokopedia yang perlu kamu terapkan, yaitu:

  • Ketika mendapat pesanan masuk, kamu harus memeriksa terlebih dulu di toko supplier  apakah barang tersebut masih tersedia atau tidak.
  • Langkah selanjutnya, buka produk dari supplier bila tersedia, kemudian klik Beli.
  • Pada pengisian alamat, masuk pada menu tambah alamat baru dan isi dengan alamat pembeli kamu.
  • Jika telah selesai, pilih Kurir, lalu klik beli produk ini.
  • Klik bayar.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali semua data yang kamu isi! Apakah sudah benar atau belum? Data yang harus kamu isi meliputi jumlah barang, alamat, dan nomor telepon yang sesuai dengan identitas pembeli.
  • Checklist dropship, lalu isi data kamu.
  • Lakukan pembayaran pesanan seperti pemesanan Tokopedia pada umumnya.
  • Selesai.

3. Menginput Nomor Resi

Cara dropship Tokopedia terakhir adalah melakukan input nomor resi. Dalam proses ini, kamu bisa melakukannya dengan langkah-langkah berikut:

  • Setelah pesanan sedang diproses oleh supplier, kamu perlu melihat status pemesanannya secara berkala.
  • Jika pesanan dari pembeli telah masuk proses pengiriman dan sudah ada nomor resinya, segera input nomor resi tersebut dan konfirmasi di toko kamu. Caranya dengan memasukan nomor resi di kolom resi.
  • Kemudian, klik konfirmasi.
  • Lakukan proses pengiriman.

3 Tips Dropship di Tokopedia untuk Pemula

Setelah tahu cara menjadi dropshipper di Tokopedia, kamu perlu mengetahui tips-tips agar usaha ini berjalan lancar, seperti berikut ini:

1. Menjual Produk Best Seller

Barang best seller merupakan produk yang penjualannya sedang sangat laris di pasaran. Contoh produk best seller adalah barang sehari-hari.

Untuk mengetahui produk apa yang sedang best seller, kamu bisa menggunakan aplikasi smartphone Tokopedia untuk mencarinya. Sebab, terdapat beberapa section khusus yang menampilkan barang-barang best seller atau meningkat penjualannya.

2. Mempromosikan Barang Dropship Kamu

Promosi adalah kegiatan yang wajib bukan hanya untuk pemula, melainkan untuk yang sudah lama menjalankan usaha ini.

Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa menggunakan fitur iklan ataupun media sosial. Salah satunya adalah mengunggah konten dengan ukuran feed Instagram yang ideal.

Bahkan, sekarang media sosial memiliki fitur khusus mengiklankan produk kamu, seperti Instagram Ads atau Facebook Ads. Meski kamu perlu mengeluarkan biaya, tetapi tetap layak untuk kamu coba.

3. Bekerja Sama dengan Pemasok Terpercaya

Supplier atau pemasok sangat penting dalam usaha dropship di Tokopedia. Untuk itu, kamu harus benar-benar teliti dalam memilih pemasok. Kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal dari supplier, seperti kualitas barang, harga barang, kecepatan respon, dan lainnya.

Tips lainnya adalah utamakan mencari pemasok yang setidaknya satu wilayah dengan kamu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir harga ongkos kirim.

Sudah Mengerti Cara Dropship Tokopedia?

Demikian 3 cara dropship di Tokopedia yang perlu kamu lakukan, yakni mulai dari membuat toko, mengupload barang dagangan, memproses pemesanan pembeli, memantau pengiriman supplier, dan menginput nomor resi. Sebaiknya, juallah produk best seller, promosikan produk, dan bekerjasama dengan supplier terpercaya.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *