No Widgets found in the Sidebar
4 Perbedaan Primary Key dan Foreign Key

Dalam proses pembuatan basis data berbasis MySQL, terdapat perbedaan primary key dan foreign key yang wajib kamu ketahui. Selain itu, perbedaan antara kedua kata kunci ini juga sangat penting untuk menentukan jenis data yang akan diproses dalam sebuah program. Penasaran apa perbedaannya? Yuk, simak artikel ini!.

Apa Itu Primary Key?

Primary key umumnya berfokus pada keunikan tabel. Field kunci ini adalah kolom atau kumpulan kolom yang secara unik membedakan setiap baris dalam database. Bersifat tetap atau tidak memiliki nilai duplikat dan tidak mengandung nilai NULL.

Apa Itu Foreign Key?

Foreign key adalah field kunci yang umumnya digunakan untuk membangun hubungan antara dua tabel. Selain itu, tujuan utama dari kunci asing ini adalah untuk mempertahankan integritas data antara dua contoh terpisah dari suatu entitas.

Apa Perbedaan Primary Key dan Foreign Key?

Tentu saat ini kamu telah mengetahui pengertian tentang field kunci umum dan field kunci asing dalam sebuah sistem basis data. Selanjutnya, berikut ini adalah 4 perbedaan antara kedua kata kunci tersebut yang wajib kamu ketahui:

1. Fungsi

Hal pertama yang menjadi perbedaan primary key dan foreign key adalah fungsi antara kedua kata kunci tersebut. Untuk primary key, fungsi utamanya adalah kunci utama yang terbentuk melalui tupel, gunanya mendefinisikan kata kunci unik sebagai penanda field inti dalam sebuah kolom.

Sedangkan foreign key berfungsi sebagai kunci asing yang menjadi tools pendukung bagi variabel dalam kunci utama yang sebelumnya terbaca oleh kolom dalam database.

2. Variabel Data

Kedua, perbedaannya ada pada variabel data primary key atau field utama dari suatu tabel. Menunjukkan bahwa field yang telah menjadi menjadi kunci tersebut tidak dapat terisi oleh variabel yang sama. Selain itu, field utama ini juga menjadikan variabel memiliki identitas sendiri yang sifatnya unik.

Sedangkan foreign key merupakan satu atribut yang sifatnya melengkapi satu hubungan antar variabel, yang mengarah ke induk field utama. Selain itu, kunci asing ini juga berguna untuk mendefinisikan tiap kolom dalam sebuah tabel yang memiliki nilai berbeda atau mengacu pada variabel lain.

3. Hubungan Antara Setiap Kolom Data

Perbedaan  primary key dan foreign key yang ketiga adalah perbedaan hubungan keduanya dalam setiap kolom data. Pada dasarnya, field utama hanya mampu mengakses satu kolom utama sebagai field yang sifatnya tetap.

Sedangkan, untuk field atau kunci asing, kata kunci ini mampu mengakses seluruh kolom yang telah terhubung dalam sebuah field kata kunci penghubung. Selain itu, akses antar setiap kolom data ini juga dapat diakses secara penuh, yakni edit data, input data, hapus data, dan lain sejenisnya.

4. Duplikasi Data 

Terakhir, perbedaannya terletak pada duplikasi data. Untuk kunci utama, merupakan kunci yang terbentuk dari serangkaian kunci unik dan not NULL, sehingga sifatnya tetap. Jadi, kamu tidak bisa menduplikasi kunci utama dalam kolom lain.

Kemudian, untuk kunci asing, merupakan kunci yang sifatnya universal atau NULL. Jadi, pengguna bisa mengaksesnya dan menduplikasi kunci asing ini dalam kolom lain dengan kunci yang sama.

Sudah Paham Tentang Primary Key dan Foreign Key?

Nah, sekian pembahasan tentang perbedaan primary key dan foreign key yang terdapat pada segi arti, fungsi, variabel data, hubungan antar kolom data, serta ketentuan duplikasi data. Pada intinya, kedua field kunci ini mempunyai peran tersendiri dalam sebuah database

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *