No Widgets found in the Sidebar
Jadi Sukses! Inilah 3 Tips Bisnis Online yang Wajib Dicoba

Internet menghadirkan kemudahan bagi kamu yang ingin tahu cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal. Sehingga, kamu tak perlu lagi menyewa tempat untuk berjualan, karena kamu bisa melakukannya di smartphone. Namun, sebelum memulainya, ada beberapa tips bisnis online yang wajib untuk kamu ketahui.

3 Tips Memulai Bisnis Online

Meskipun terlihat mudah, namun jangan terburu-buru dalam berbisnis online. Pastikan kamu melakukan 3 tips bisnis online, seperti berikut ini:

1. Mantapkan Jenis Bisnisnya

Tak heran, banyak sekali penjual yang memasarkan jasa atau barangnya di platform online. Akan tetapi, hal itu seharusnya tidak menjadi ketakutan dalam berbisnis online. Ingatlah, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu saat memilih bisnis yang tepat.

Jika memungkinkan, passion bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis online. Misalnya, jika kamu suka memancing, maka kamu bisa memulai bisnis online untuk berjualan perlengkapan mancing. Sebab, menjalankan bisnis sesuai passion memiliki keuntungan tersendiri, yakni kamu selalu ingin bertumbuh.

Segala cara akan kamu lakukan agar membuat bisnis online tersebut terus berkembang. Bahkan, kamu rela menyisihkan waktu untuk menghadiri beragam acara yang berkaitan dengan bisnis. Agar mendapatkan relasi dan pengetahuan baru dari rekan sejawat hingga pakarnya.

2. Penyediaan Barang Jualan

Kemudian pikirkan pula bagaimana barang jualan kamu siap ditawarkan. Kamu bisa memilih dua cara saat ingin berbisnis online, yaitu menjadi reseller atau dropshipper.

Bagi kamu yang baru berbisnis online, dropship bisa jadi solusinya. Sebab, kamu tidak perlu membeli banyak barang untuk dijual. Sederhananya, kamu bekerja sama dengan supplier tangan pertama yang sesuai dengan produk jualanmu. 

Nah, saat ada yang membeli dagangan kamu, maka supplier itulah yang akan mengirim barang, namun atas nama bisnis kamu.

Sayangnya, menjadi dropshipper tidak segampang itu, ya. Karena kamu harus melalui beberapa perjanjian kerja sama yang berbeda, sesuai kebijakan supplier tersebut.

Tapi, jika kamu tidak ingin ribet, menjadi reseller juga bisa jadi tips bisnis online dalam pengadaan barang. Sebab, kamu cukup membeli barang dari distributor sesuai yang kamu inginkan. 

Ketika menjadi reseller, kamu harus benar-benar mengontrol stok barang untuk meminimalisir kekecewaan pelanggan, karena stok barang yang tidak tersedia.

3. Pilih Platform Sesuai Target Pasar dan Hiaslah!

Berbisnis online yang optimal adalah yang mampu menggunakan platform dengan sebaik mungkin. Artinya, menjadi pebisnis yang sukses harus mampu memanfaatkan e-commerce dan sosial media yang potensial.

Platform potensial maksudnya adalah dapat dijangkau sesuai dengan target pasar bisnis kamu. Sehingga, kamu tidak akan memanfaatkan e-commerce yang rata-rata menjual barang bekas, jika kamu ternyata menjual baju baru merk terkenal.

Selain itu, sosial media juga memiliki segmentasi target pasarnya tersendiri, seperti Facebook. Umumnya, orang dewasa akan mencari barang-barang dengan bergabung pada Grup Facebook. Kemudian, transaksi tersebut akan berlanjut di WhatsApp untuk mengatur transaksi jual beli.

Hal itu akan berbeda jika target pasar produk kamu adalah anak muda. Kamu bisa menggunakan Instagram dan TikTok untuk menawarkan produk jualanmu disertai dengan konten-konten yang masih berkaitan.

Konten saja tidak cukup untuk memikat calon pembeli. Tips bisnis online ini harus diimbangi dengan menambahkan tampilan visual yang menarik, seperti: 

  • Foto profil bisnis
  • Bio di e-commerce
  • Foto dan deskripsi produk

Sudah Siap Memulai Bisnis Online?

Itulah 3 tips memulai bisnis online yang harus bisa kamu lakukan. Mulai dari menentukan jenis bisnis dan produk yang akan kamu jual, memilih cara penyediaan barang jualan, serta memilih platform tempat kamu jualan online yang tepat. Lakukanlah 3 tips tersebut secara konsisten dan bertahap demi meraih kesuksesan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *